YXDwVlViooVEqe4uvRQ2Q1j5XrQ8ZHztfY6aUt30

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Windows 10 Menjadi Super Cepat


Koneksi internet yang mempunyai kecepatan cukup lambat, memang menjadi salah satu hal yang sering dihadapi oleh sebagian besar pengguna perangkat Windows terutama di windows 10. Nah dengan terjadi permasalahan tersebut dengan kata lain Masjoox akan memberikan beberapa tahap unutk bisa mempercepat komeksi internet yang lambat di windows 10 kembali cepat.

Namun sebelum kita masuk pembahasaan cara mempercepat koneksi internet nya maka kita harus mengenal terlebih dahulu mengenal lebih jauh dengan sistem operasi terbaru dari Windows yang di kembangkan oleh Microsoft ini dan mengetahui apa saja fitur terbaru yang dihadirkannya.
Sistem operasi Windows merupakan salah satu konsep sistem operasi yang sering banyak digunakan oleh beberapa macam pengguna komputer ataupun laptop di berbagai macam belahan dunia ini, Sampai saat ini sistem operasi windows dari tahun ke tahun mulai merilis beberapa versi yang memiliki kelebihan nya tersendiri mulai dari performa, tombol star,  penampilan, dan sebagainya, Saat ini versi terbaru dari sistem operasi milik microsft adalah windows 10.
Penyebab Koneksi Internet Lambat di Windows 10

Dari banyaknya kelebihan yang ada di sisytem operasi Windows 10 namun operasi sitem yang satu ini mempunyai masalah utama yang sering dialami oleh sebagian pengguna Windows 10 yaitu mengalami  kecepatan internet yang cukup lambat ketika browsing ataupun sebagainya, Itu dikarenakan banyaknya pemakaian bandwith, Selain dari bandwith namun juga ada faktor lain yang menyebabkan koneksi internet lambat yaitu adanya fitur Windows Auto-Tuning.

Nah fitur yang satu ini pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista dan dihadirkan kembali di Windows 10, Windows Auto-Tuning berfungsi sudah diaktifkan secara default dan berfungsi untuk meningkatkan performa untuk program yang menerima data TCP dengan jaringan internet. Salah satu dampak dari kehadiran fitur tersebut adalah membuat koneksi internet menjadi lambat.

Lalu, adakah langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai cara mempercepat koneksi internet Windows 10? Meski pada dasarnya kecepatan koneksi internet tidak bisa ditingkatkan secara drastis, namun ada beberapa cara yang bisa Sahabat Arena lakukan untuk membuat koneksi internet di laptop menjadi lebih optimal, khususnya untuk pada sistem operasi Windows 10. Langsung saja, berikut Arena Laptop akan memberikan tips dan trik untuk membuat koneksi internet di Windows 10 menjadi lebih cepat.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 :

1. Menonaktifkan Update Otomatis

Nah salah satu hal yang kerap terjadi perlemotan internet yaitu adanya fitur Update Otomatis kepada Windows 10 adanya fitur update otomatis yang ada di sistem operasi ini. Untuk mengatasinya, Sahabat Arena bisa menonaktifkan fitur tersebut. Fitur update otomatis memang dinilai memiliki banyak kelebihan. Akan tetapi, tidak sedikit pula sisi negatif dari fitur tersebut, salah satunya membuat koneksi internet menjadi lambat karena laptop akan secara otomatis mengunduh dan menginstal program terbaru ketika terhubung ke jaringan internet.
Oleh karena itu, jika ingin koneksi internet lebih cepat, Sahabat Arena bisa menonaktifkan fitur tersebut dengan mengubahnya menjadi manual. Cara mempercepat koneksi internet Windows 10 dengan menonaktifkan fitur update otomatis bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Langkah Menonaktifkan Update Otomatis :

Pertama, klik ikon Search pada taskbar. Lalu, ketikan Control Panel dan klik ganda setelahnya.
Ketika jendela Control Panel sudah terbuka, kemudian Sahabat Arena ketikan Administrative Tools pada kotak pencarian.
Setelah jendela Administrative Tools terbuka, klik ganda pada opsi Service.
Carilah Windows Update, lalu klik dua kali pada opsi tersebut.
Kemudian akan terbuka jendela Windows Update Properties (Local Computer). Pada bagian Service Status: Running, klik Stop. Selanjutnya, Windows akan secara otomatis menghentikan penggunaan bandwith untuk mengunduh pembaharuan. Setelah langkah-langkah di atas berhasil dijalankan, restart laptop dan coba kembali browsing.
2. Menonaktifkan Fitur Windows Auto-Tuning

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa Windows 10 memiliki beragam fitur yang berbeda dibandingkan versi Windows sebelumnya, khusunya Windows 8 atau 8.1. Salah satu fitur tersebut adalah Windows Auto-Tuning yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja atau performa program yang menerima data TCP. Fitur tersebut memang secara default sudah diaktifkan yang juga akan secara otomatis menggunakan kuota internet ketika laptop juga terhubung ke jaringan internet.
Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab koneksi internet di Windows 10 menjadi lambat. Untuk mengatasinya, Sahabat Arena bisa menonaktifkan fitur Windows Auto-Tuning tersebut. Cara mempercepat koneksi internet Windows 10 dengan menonaktifkan Windows Auto-Tuning dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah Menonaktifkan Fitur Windows Auto-Tuning :
  • Langkah pertama klik kanan pada menu Start yang berada di pojok kiri bawah, lalu pilih Run.
  • Setelah jendela Run terbuka, ketikan CMD. Kemudian klik OK atau Enter.
  • Selanjutnya, jendela CMD akan muncul secara otomatis.
  • Sebelum menonaktifkan fitur Windows Auto-Tuning, Sahabat Arena bisa melihat status Windows Auto-Tuning tersebut terlebih dahulu untuk memastikan apakah fitur tersebut aktif atau tidak. Caranya dengan mengetikan perintah netsh interface tcp show global, lalu tekan Enter.
  • Setelah itu, pada bagian Receive Window Auto-Tuning Level akan terlihat statusnya Normal/Enable jika fitur tersebut aktif. Untuk menonaktifkannya, Sahabat Arena hanya perlu mengubah statusnya menjadi Disable.
  • Kemudian ketikan perintah netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled untuk menonaktifkan fitur tersebut. Lalu, tekan Enter setelahnya.
Selanjutnya akan muncul tulisan OK jika fitur Windows Auto-Tuning ini berhasil dinonaktifkan atau dimatikan. Setelah berhasil, laptop tersebut di-restart dan Sahabat Arena bisa melakukan browsing lagi untuk memastikan apakah koneksi internet menjadi lebih cepat. Selain itu, Sahabat Arena juga bisa mengetes kecepatan internet melalui situs fast.com.

3.Mengatur Batas Bandwith Internet

Selain dengan menonaktifkan fitur Windows Auto-Tuning dan juga menonaktifkan Update Otomatis, masih banyak cara untuk mempercepat koneksi internet di Windows 10 yang bisa Sahabat Arena coba. Cara mempercepat koneksi internet Windows 10 berikutnya dapat dilakukan dengan mengatur batas penggunaan bandwith internet. Secara default, Windows menggunakan sekitar 20 persen dari bandwith internet yang ada untuk sistem operasinya, sehingga 80 persen sisanyalah yang bisa digunakan.
Akan tetapi, Sahabat Arena juga bisa memaksimalkan penggunaan bandwith internet hingga 100 persen.

Langkah Mengatur Batas Bandwith Internet :

Caranya pun cukup mudah, pertama-tama buka jendela Run dengan menekan tombol Windows dan tombol R yang ada di keyboard. Lalu, Sahabat Arena ketikan perintah gpedit.msc dan klik OK setelahnya.

Setelah itu, jendela Grup Policy akan terbuka. Klik ganda pada opsi Computer Configuration pada bagian kiri.

Selanjutnya, pilih opsi Administrative Template.
Kemudian, pilih Network dan pilih QoS Packet setelahnya.
Setelah itu, pilih opsi Limit reservable bandwith, maka akan muncul jendela baru.
Setelah jendela Limit reservable bandwith muncul, klik pada pilihan Enabled. Kemudian pada pilihan Bandwith limit (%), ubah angka yang semula 80 menjadi 0.
Terakhir, klik Apply dan klik OK setelahnya.

Bagaimana brother sudah tau kan cara mempercepat koneksi internet Windows 10 yang sudah kami rangkum dalam artikel kali ini, Nah jika kalian mau tambahkan atau ada hal yang ingin anda sampaikan maka jangan ragu untuk memberikan komentar ataupun masukan kalian di kolom komentar yang sudah kami disediakan dibawah ini.

Demikian pembahasan mengenai tentang pembahasan cara mempercepat koneksi internet Windows 10 yang sudah kami rangkum di blog ini semoga rangkuman kali ini mempertahankan pengetahuan kalian dan sampai jumpa di artikel yang tidak kalah menarik lainnya see you next time brother.



Related Posts